Raditya Dika, Levi’s, dan Marcomm


Bekerja sebagai Account Executive disebuah perusahaan kecil yang mencoba menawarkan layanan IMC (intergrated marketing communication), membuat saya harus selalu uptodate mengenai masalah marketing komunikasi. Baru-baru ini saya secara tidak sengaja membaca blog Raditya Dika. Dika menuliskan kisahnya tentang pembuatan film pendek Levi’s yang dibintanginya. Ketika saya menonton filmnya, saya tidak sedikitpun merasa bosan seperti menonton iklan. Kenapa? Karena mereka mencoba menyampaikan pesan ” Levi’s hadir dan selalu menemani lo dalam kehidupan sehari-hari” secara terselubung atau istilahnya softsell. Film pendek ini mencoba mengemas pesan tadi kedalam suatu tema “ini cerita hidup gue, apa cerita loe?” yang berwujud perjalanan hidup Raditya Dika dalam mencapai kesuksesannya.

Bukan marketing komunikasi namanya kalau tidak bisa melakukan edukasi produk kepada konsumen. Edukasi dilakukan pihak Levi’s dengan cara branding pakaian Dika kemanapuan dia pergi dan ketika berada dirumah. Branding ini bertujuan untuk menyelipkan pesan bahwa Levi’s selalu dekat dengan konsumen. Selain itu, ada sebuah pesan moral menarik yang coba disampaikan pihak Levis, kira-kira begini bunyi “kalau jeans gue aja bisa berkali-kali dipakai tapi masih bisa bertahan, masa gw nggak bisa”. Waoo keren ya, pesan dapet, edukasi produk dapet. Selamat deh buat Levi’s karena udah mendapatkan tim creative yang kreatif dan menghasilkan karaya kreatif. Pertanyaan saya, film pendek ini akan dipasarkan kemana ya????

Advertisements

One thought on “Raditya Dika, Levi’s, dan Marcomm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s