CREATING EFFECTIVE ORGANIZATIONAL DESIGNS


  1. Mengapa struktur organisasi menjadi penting bagi manajer ketika merumuskan strategi?

Struktur organisasi adalah suatu pola resmi yang menggambarkan interaksi diantara pembagian kerja, teknologi, dan karyawan. Struktur organisasi menggambarkan hierarki tanggungjawbb dan bagaimana alur informasi suatu perusahaan. Disamping itu, bentuk struktur organisasi juga ikut mempengaruhi strategi apa yang akan digunakan, begitu juga sebaliknya. Misalnya ketika perusahaan mau melakukan pembukaan unit cabang didaerah lain, akan menjadi tidak masuk akal ketika struktur organisasi simpel yang digunakan. Karena akan membingungkan manajer untuk melakukan koordinasi dengan unit cabang.

Jelaskan pola apa yang tumbuh secara dominan diantara struktur simpel, funsional, dan divisional. Jelaskan hubungan diantara strategi perusahan dan strukturnya.

Kebanyakan perusahaan di Indonesia dalam prakteknya banyak menggunakan struktur divisional dan fungsional, terutama bagi perusahaan multinasional, yang memiliki banyak produk sejenis. Strategi perusahaan sangat dipengaruhi oleh struktur organisasi yang ada. Misalnya, ketika perusahaan memiliki strategi peningktan revenue dan jumlah barang yang diproduksi, maka struktur organisadi yang digunakan merupakan struktur organisasi simpel, ketika perusahaan ingin fokus dalam meningkatkanefisiensi operasi dan produk, maka struktur yang digunakan adalah strukturfungsional. Dan jika kita ingin memperluas unit bisnis maka bentuk struktur organisasi yang cocok adalah struktur divisional.

Jelaskan apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari struktur organisasi simpel, fungsional, divisional, dan matriks yang didiskusikan dalam chapter ini!

Struktur Organisasi

Kelebihan

Kekurangan

Simpel Pembuatan keputusan terpusat kepada pimpinan perusahaan. Adanya peraturan informal dan pembagian tanggungjawab yang kurang jelas, bisa dimanfaatkan oleh karyawan untuk berbuat curang dan menimbulkan kebingungan.
Fungsional Jenjang karir dan pengembangan profesionalitas dibidangnya masing-masing difasilitasi. Terjadinya miskomunikasi antara grup yang memiliki tujuan berbeda.
Divisional Kemampuan merespon terhadap situasi lebih cepat. Mahalnya biaya yang dikeluarkan karena adanya duplikasi karyawan dalam skill, dan adanya kemungkinan dysfunctional kompetisi.
Matriks Resources bisa digunakan secara efisien dan lebih cepat dalam merespon situasi lingkungan. Adanya beberapa jalur pelaporan bisa menimbulkan kebingungan.

Ketika perusahaan ingin memperluas usahanya kepasar asing, apa saja faktor penting yang menentukan dalam pemilihan struktur organisasi? Apakah jenis struktur organisasi internasional yang dijelaskan dalam chapter ini dan apakah hubungannya dengan struktur dan strategi?

Ad tiga faktor yang ikut mempengaruhi dalam menentukan struktur organisasi ketika perusahaan ingin memasuki pasar asing, yaitu :

  • Strategi yang digunakan perusahan untuk memasukin pasar baru,
  • Keragaman produk
  • Sejauh mana perusahaan bergantung pada penjualan luar negri.

Ketika perusahaan sudah menentukan strategi apa yang akan digunakan, maka perusahaan dapat memilih jenis struktur organisasi yang dipilih, dari beberapa struktur dibawah ini, yaitu ;

  • International division, merupakan bentuk struktur organisasi, dimana pasar internasional dikategorikan menjadi divisi tersendiri.
  • Geographic-area division, pasar internasional dikelompokkan beradasarkan area geografisnya dalam struktur organisasi.
  • Worldwide functional,
  • Worldwide product division,
  • Worldwide matrix, merupakan struktur organisasi yang mengklasifikasikan struktur kedalam dau garis besar garis kekuasaan, dimana garis bertama berdasarkan kepada geographic-areas dan garis berikutnya berdasarkan worldwide product division.

Berikan penjelasan singkat mengenai tiga perbedaan dari tiga jenis batasan dalam organisasi!

Setiap perusahaan memiliki batasan-batasan tersendiri. Batasan tersebut dapat berupa  batasan secara vertical, horizontal, eksternal, dan area geografis. Batasan organisasi bukanlah suatu hal yang tidak bisa ditembus. Setiap perusahaan memiliki cara tersendiri untuk menembusnya. Ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk melewati atau meembus batasan ini, yaitu :

  • The barrier-free organization, merupakan design organisasi yang bisa menjembatani perbedaan budaya, fungsi, dan tujuan untuk menemukan sebuah landasan dalam sharing informasi dan perilaku cooperative lainnya.
  • The modular organization, design organisasi dimana suatu fungsi yang tidak vital diambil dari luar (outsourced). Pada design ini, pengetahuan dan para pakar diambil dari luar organisasi, dengan tetap mempertahankan kontrol strategi.
  • The virtual organization, secara terus menerus menggunakan jaringan independen perusahaan, untuk menghubungkan secara bersama kesemua skil, biaya, dan akses kepasar.

Apakah yang menjadi atribut kunci dalam mencapai kelompok yang efektif dan kelompok yang tidak efektif?

Atribut kunci kelompok yang efektif adalah :

  • Grup akan lebih cepat dan mudah menyelesaikan masalah karena terjadi sharing informasi didalamnya.
  • Grup menggantikan kontrol berbasis hierarki dengan kontrol berbasis rekan.

Sedangkan atribut kunci dari kelompok yang tidak efektif menjelaskan bahwa ketidak efektifan ini disebabkan oleh :

  • Keterbatasan kredibilitas individu
  • Kurangnya komitmen
  • Kurang komunikasi
  • Ketidakadaanya independennitas

Apakah kelebihan dan kekurangan dari barrier-free organization, modular, dan virtual?

Kelebihan

Kekurangan

barrier-free organization
  • Peranan manajer dan karyawan sangat simpel, jelas, dan dalam jangka waktu yang lama.
  • Menjembatani perbedaan budaya, fungsi, dan tujuan yang ada.
modular
  • Biaya yang murah

 

  • Hanya terbatas pada manufacturing dan bukan core comtency.
  • Susahnya mencari outsource yang loyal dan mengerti objektif yang akan dicapai.
virtual Meningkatkan competitive advantages perusahaan. Susahnya menyaamakan dan menyatukan objektif diantara sesame aliansi.

Kapan ambidextrous organization design perlu untuk diterapakan? Apakah yang menjadi atribut utamanya?

Ambidextrous organization design diperlukan ketika perusahaan mencoba untuk mengikuti perubahan yang dinamis, inovasi yang fenomenal, dan terobosan inovasi.

Atribut utama dari design organisai adalah :

  1. Desain organisasi ambidextrous terdiri dari serangkaian kompetensi, budaya, insentif, dan peran tim senior yang saling terhubung.
  2. Desain ini secara signifikan lebih efektif untuk melayani inovasi daripada desain fungsional, lintas fungsional, dan spinout.
  3. Bisnis unit yang beralih ke desain ambidextrous hasil inovasi mereka mengalami peningkatan pada saat transisi ke desain lintas-fungsional.
  4. Desain ambidextrous menstimulus lahirny inovasi dan membantu meningkatkan kinerja produk yang sudah ada.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s