Strategic Control and Corporate Governance


Summary Reviews Question.

Mengapa strategi sistem kontrol yang efektif diperlukan dalam situasi ekonomi dewasa ini?

Perekonomian dunia dewasa ini menunjukkan adanya suatu penurunan secara kontinu, dimana mengakibatkan krisis ekonomi yang sistemik. Seperti saat ini, krisis ekonomi parah yang melanda negara-negara di Eropa. Krisis ini menyebabkan banyak perekonomian negara yang terguncang, dan tingkat suku bunga tinggi. Selain itu, keadaan perekonomian dunia yang tak menentu membuat setiap perusahaan harus siap menghadapi segala kemungkinan yang ada. Disinilah suatu perusahaan dituntut untuk memiliki strategi sistem control yang efektif. Sehingga ketika terjadi suatu hantaman dari lingkungan eksternal, perusahaan dapat mendeteksi dan mengatasinya dengan efektif dan efisien.

Apakah keuntungan sistem kontrol “contemporary” bila dibandingkan dengan “traditional”? Apakah perbedaan kedua sistem ini?

Sistem kontrol “contemporary” adalah suatu sistem yang melibatkan kontrol pemeriksaan disetiap proses yang ada didalam suatu perusaan. Proses yang dimaksud adalah merumuskan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi/kontrol strategi. Sistem kontrol “contemporary” melakukan kontrol melalui monitoring lingkungan eksternal dan internal secara kontinu, sehingga ketika terjadi perubahaan perusahaan dapat langsung melihat penyebabnya dan memutuskan apakah strategi yang dirumuskan diawal perlu untuk dimodifikasi atau tidak.

Sistem kontrol “kontemporari” menggunakan dua metode berupa kontrol informasi dan behavioral control. Kontrol informasi merupakan suatu metode yang menggunakan pendekatan pengumpulan dan analisis informasi yang didapat dari lingkungan internal dan eksternal.  Behavioral control adalah metode yang mengkaji bagaimana perusahaan mempengaruhi tingkah laku karyawan melalui budaya, rewards, dan boundaries.

Sedangkan sistem kontrol “tradisional” merupakan suatu sistem yang melakukan kontrol setelah serangkaian proses (penyusunan, implementasi, evaluasi) telah selesai dilakukan. Sehingga sistem ini membuat perusahaan sulit untuk langsung beradaptasi dengan perubahaan lingkungan yang ada. Selain itu, kelambatan penyesuaian strategi perusahaan akan berdampak sistemik pada keberlangsngan perusahaan.

Mengapa diperlukan suatu keseimbangan diantara ketika elemen dari behavioral control yaitu culture, rewards dan punishment, dan boundaries?

Ada beberapa alasan yang menyebabkan ketiga elemen ini menjadi penting untuk berjalan beringan. Alasan pertaman adalah lingkungan yang bergerak dinamis, kompleks, dan tidak dapat diprediksi menuntut perusahaan untuk fleksibel dan responsif. Hal ini hanya  bisa terwujud  apabila perusahaan bekerjasama dengan karyawan mencapai tujuan organisasi dengan memotivai mereka melalui rewards yang ada. Karena jika perusahaan hanya menggunakan peraturan dan strategi baku yang ada, tidak akan bisa membuat karyawan termotivasi untuk mencapai tujuan organisasi yang ada.

Alasan kedua adalah loyalitas karyawan terhadap perusahaan berbanding terbalik dengan lamanya mereka bekerja diperusahaan. Semakin lama seorang karyawan bekerja maka akan semakin rendah loyalitasnya terhadap perusahaan, karena ada hal-hal lain yang ingin mereka capai.  Oleh karena itu dibutuhkan suatu budaya organisasi yang mengakar dan terawat secara berkesinambungan untuk meningkatkan rasa kepemilikan mereka terhadap perusahaan.

Berikan penjelasan mengenai hubungan antara jenis organisasi dengan behavioral control.

Jenis organisasi dapat digunakan untuk melakukan behavioral control melalui serangkaian proses. Proses ini diawali dengan adanya budaya perusahaan yang memiliki suatu sistem nilai dan kepercayaan, dimana nilai ini akan membentuk karyawan, struktur organisasi, dan sistem kontrol menghasilkan norma-norma berperilaku. Ketiga unsur inilah yang menentukan jenis organisasi dimana satu perusahaan akan berbeda dengan perusahaan lain.

Batasan-batasan menjadi kurang penting ketika perusahaan memiliki sistem rewards dan budaya yang kuat. Beri penjelasan!

Batasan-batasan yang ada diperusahaan menjadi kurang penting ketika perusahaan memiliki sistem rewards dan budaya yang kuat. Karena karyawan akan mengabaikan batasan yang ada ketika dimotivasi dengan rewards, dimana mereka akan fokus untuk mencapai tujuan organisasi dengan harapan mendapatkan “rewards” yang dijanjikan oleh perusahaan. Hal ini juga akan terjadi pada karyawan yang memiliki budaya organisasi terintegrasi didalam dirinya. Pada kasus ini, loyalitas karyawan datang dalam diri tanpa mengharapkan suatu imbalan, dan ini akan jauh lebih baik dan bertahan lama dibandingkan dengan sistem “rewards”.

Mengapa menghindari “one best way” menjadi penting dalam sitem kontrol? Apakah konsekuensi dari menerapkan suatu sistem kontrol yang sama pada semua jenis lingkungan?

Penerapan sitem kontrol dalam perusahaan harus melibatkan ketiga elemen (budaya, imbalan, dan batasan), karena pada dasarnya mereka memiliki sifat saling melengkapi. Penggunaan hanya satu metode akan memicu munculnya salah penggunaan, karena setiap lingkunga yang berbeda membutuhkan sitem kontrol yang berbeda juga. Misalnya, dilingkungan dimana karyawan membutuhkan suatu sistem kerja yang otonom, maka pendekatan sistem kontrol yang cocok adalah budaya. Akan tetapi ketika lingkungan menuntut untuk mengejar target klien, maka disini dibutuhkan sistem dengan pendekataan “imbalan”. Ketika dua situasi ini menggunakan satu sistem yang sama yaitu budaya, maka pada situasi kedua karyawan tidak akan pernah mencapai targetnya. Hal ini disebbabkan tidak ada motivasi untuk mencapai target tersebut. Karena dalam pemikirannnya untuk apa mencapai target yang hanya akan menguntungkan kantor tapi tidak ada yang dia dapat.

Apakah peranan dari corporate governance dalam meningkatkan kinerja perusahaa? Sebutkan beberapa mekanisme kunci dari pemerintahan yang digunakan untuk memastikan bahwa kepentingan manajerial dan pemegang saham berjalan selaras!

corporate governance berperan dalam meningkatkan kinerja perusahaan,karena konsep ini menawarkan suatu sistem akuntabilitas yang tinggi. Sehingga dapat menciptakan suatu hubungan yang transparan antara shareholders, board of director dan manajerial. Selain itu penerapan konsep ini juga dapat mencegah terjadinya suatu sikap yang opurtunis dari pemilik modal. Konsep ini diatur oleh suatu mekanisme pemerintah berupa:

  • Internal,
    • Melibatkan komitmen dari board of directors (bod harus bisa bersifat netral atau bisa menjadi jembatan yang baik antara shareholders dan manajemen). Selain itu, bod harus ikut aktif dalam menentukan strategi perusahaan.
    • Shareholders activism,merupakan kegiatan dari pemilik modal untuk melindungi modal ketika mereka mulai mendeteksi kegiatan yang dilakukan oleh manajerial sudah bertentangan dengan tujuan perusahaan memperbesar keuntungan perusahaan.
  • Ekstetnal

Corporate governance  dapat juga terwujud dengan adanya mekanisme sistem kontrol dari luar. Dalam mekanisme ini ada beberapa rujukan atau bahan yang bisa dijadikan bahan untuk mengontrol jalanny perusahasn yang dijalankan oleh manajerial. Rujukan tersebut adalah pasar, audit, bank dan analisis, media dan public activist.

  • Pasar dapat mengontrol perusahaan dengan cara melihat bagaimana penjualan yg dilakukan manajerial dan posisi perusahaan dalam pasar.
  • Audit, menggunakan pihak ketiga dapat menghasilkan suatu sistem kontrol yang bebas nilai.
  • Bank dan analisis dapat memberikan unformasi mengenai berapa jumlah modal yang ada, keuntungan dan jumlah utang.
  • Media mengontrol melalui monitoring manajem public perusahaan dan public activist dapat membetikan informasi mengenai isu isu seputar bisnis perusaha

Berikan definisi dari “principal-principal conflicts” dan apa implikasinya bagi corporate governance.

Principal-principal conflict merupakan suatu konflik yang muncul ketika terjadi tidak tejafi kesesuaian antara tujuan pemilik modal dan manajerial, serta ketika pemilik modal meraakan kesulitan dalam menentukan apakah manajenen melakukan sesuatu yang sesuai dengan tujuan awal perusahaan. Corporate covernance bisa tercapai apabila konflik ini bisa dikurangi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s