Business Plan Perlu atau Tidak?


Ada percakapan menarik sore ini yang terjadi antara saya dengan seorang teman. Setelah membaca sebuah buku mengenai business plan, saya berfikir bahwa mendirikan sebuah usaha bukan lah perkara gampang. Meskipun kita memiliki modal yang cukup besar. Semua harus diperhitungkan dengan benarbdan detail. Oleh karena itu, riset yang sangat mendalam dibutuhkan. Karena ini merupakan koalisi bisnis dengan seorang teman, maka saya harus mendiskusikannya terlebih dahulu.

Saya: menurut buku yang saya baca, poin-poin ini penting untuk diriset sebelum memulai usaha.
Teman : oke, jadi gimana ringkasnya? (doi sambil melihat oret-oretan sayayang panjang).

Saya pun menjelaskan dengan panjang lebar. Kemudian temen saya hanya mengangguk-ngangguk sambil menyeruput minumnya. Melihat reaksinya seperti itu, saya pun bertanya apakah ada masalah. Teman saya pun menjawab,’jadi singkatnya gimana? Saya ini kuliah di teknik, jadi dituntut untuk ringkas’.

Saya hanya bisa terdiam dan termangu, apakah dia tidak mebgerti peran besar business plan. Akhirnya saya kembali menjelaskan peran penting dari business plan. Teman saya pun. mengeluarkan komentar yang bikin speechless.

Teman : gini deh nggak usah tealu konsep oriented. Saudara saya saja tidak menggunakan business plan bisa sukses dibidang usaha yang sama.

Jika Anda dalam posisi saya. Kira-kira apa yang harus saya lakukan? Tetap menggunakan business plan sebagai guidance atau langsung praktek dilapangan? Apa pun jawaban Andan, saya memilih untuk tetap menggunakan business plan. Karena ada sebuah pepatah bijak yang menyebutkan bahwa ‘a business who fail make a plan, they plan to fail’.

2 thoughts on “Business Plan Perlu atau Tidak?

  1. Rian | sukses itu B E B A S says:

    Business plan ibarat peta yg akan menuntun kita ke suatu tempat. Tanpa mengunakan peta pun kita bisa sampai ke tujuan. Mana yg lebih cepat? Tidak ada jaminan salah satu bakal lebih cepat. Karena masing punya kelebihan dan kekurangan. Menurut saya menggunakan peta dan bertanya kepada orang yang sudah pernah ke tempat tujuan, apalagi yg sering bolak balik, akan mempercepat waktu sampai ke tempat tujuan dan bisa menunjukan jalur mana yg harus diambil dan jalur mana yg harus dihindari.
    Salam,
    http://suksesitubebas.co.cc

Leave a Reply

