Kerja Keras atau Hoki?


Banyak orang bilang bahwa ketika kita ingin sukses maka kita harus bekerja keras. Tapi hal yang berbeda kita temukan ketika kita bertanya langsung kepada mereka yang sukses mengenai kunci kesuksesannya. Sebagian besar mereka mengatakan bahwa kesuksesan yang didapat karena mereka pada waktu itu hoki mereka sedang bagus.

Seperti pak Hutomo dan bu Susi (pemilik The Body Shop) yang tadi malam mengisi guest lecture di kampus saya. Mereka datang untuk berbagi pengalaman bagaimana mengatur organisasi atau perusahaan dari bawah, dan bagaiman skil enterpreneur dibutuhkan. Perkuliahan malam itu sangat menarik dan setiap orang antusias untuk bertanya kepada mereka.

Ada pertanyaan menarik dari seorang teman yang menanyakan bagaimana mereka bisa terpilih sebagai pemegang franchise The Body Shop (TBS) mengingat pesaing mereka yang begitu kompeten dan memiliki capital dalam jumlah besar. Pak Hutomo pun menjelaskan kronologi dalam pemilihan pemegang francise tersebut. Selain karena mereka memiliki kesamaan misi dengan pemilik TBS, beliau beranggapan bahwa terpilihnya mereka tidak lain karena hoki (terlepas dari dugaan apakah beliau hanya sekedar merendah).

Akan tetapi, pak Hutomo bukanlah satu-satunya orang yang percaya akan keberadaan “Hoki”. Banyak tokoh-tokoh sukses lain yang beranggapan bahwa “Hoki” atau jalan hidup sangat menentukan dalam kesuksesan. Terutama bagi mereka yang sudah mengalami berbagai fase kehidupan.

Terlepas dari semua itu, bagi saya “jalan hidup” harus dibarengi dengan kerja keras. Karena Allah sendiri menjanjikan akan menolong hambanya yang bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s