Selamat Hari Pendidikan


Karena hari ini adalah hari pendidikan nasional, saya jadi ingat kepada salah satu tokoh yang memberikan analisisnya bagaimana pendidikan di Indonesia sekarang tidak cukup mampu untuk ‘mematangkan’ masyarakat. Ketidakmatangan bukan lah suatu perkara kecil. Karena ketidakmatangan ini akan berdampak negatif bagi kemajuan suatu negara.

Beliau mengatakan bahwa ketidakmatangan masyarakat ini adalah tanggung jawab institusi pendidikan dan media. Kedua institusi tersebut bertanggung jawab dalam mengedukasi masyarakat. Institusi pendidikan mengedukasi bukan saja dengan memberikan serangkaian teori dan ilmu pengetahuan. Tetapi juga harus mengajarkan bagaimana moral dan budi pekerti ikut berperan sebagai guide dalam praktek ilmu-ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga seharusnya yang dilakukan oleh media, mengingat posisinya yang begitu strategis.

Kita dapat membayangkan apa yang akan terjadi kedua institusi ini dengan peran dan posisi masing-masing memiliki kualitas yang rendah diinternal mereka. Hal ini tentu saja akan memberikan dampak kepada masyarakat kita terlepas dari sedikit atau banyaknya. Oleh karena itu, dalam rangka memperingati Hari Pendidikan, mari kita bergandengan tangan dalam meningkatkan mutu dan mematangan masyarakat Indonesia, terutama bagi media dan insitusi pendidikan di Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s