Human as a Homo Economicus


Beberapa hari belakangan saya sering sekali melihat dan membaca kata homo economicus. Kata-kata ini banyak sekali dikaitkan dengan motif individu dalam melakukan sesuatu. Hal tersebut karena homo economicus merupakan istilah yang menggambarkan manusia sebagai makhluk ekonomis.

Maksudnya adalah setiap manusia dalam berpendapat atau berperilaku selalu dilatar belakangi motif tertentu. Dimana motif ini menstimulus setiap individu untuk menerapkan prinsip ekonomi yaitu ‘tidak mau merugi’. Karena dalam ilmu ekonomi dasar kita sering mendengar istilah dengan modal seminimal mungkin,kita berusaha agar mendapat keuntungan semaksimal mungkin.

Rupanya hal ini lah yang sering kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari,baik kita sadari ataupun tidak. Misalnya saja dalam menjalin suatu hubungan. Banyak temen-temen saya yang membenarkan menjalin hubungan dengan dua orang sekaligus dalam satu waktu yang sama.

“Tapi kann dia nggak perhatian sama gw”, “dia saja suka lirik-lirik cewek lain”. Kalimat tersebut pasti sering kita temukan, ketika pertanyaan ‘kenapa anda selingkuh’ dilontarkan. Dari kalimat tersebut kita dapat menarik dua hal,pertama sebagian besar dari kita berusaha mencari-cari pembenaran dengan mencari kelemahan orang lain. Kedua, hakikatnya manusia tidak pernah mau merugi (prinsip homo economicus). Jadi ketika individu merasa dirugikan dalam suatu hubungan,maka mereka secara naluriah akan berusaha mencari cara agar kerugian yang diterima tidak terlalu besar,atau mungkin menghilangkan kerugian tersebut.

Sehingga bukanlah suatu yang mengherankan, ketika salah satu individu dalam suatu hubungan berselingkuh, maka individu lain yang tidak ingin dirugikan akan membalas dengan berselingkuh atau menghentikan hubungan tersebut. Karena lagi-lagi manusia merupakan HOMO ECONOMICUS. šŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s