Kontroversi Berdoa Sebelum Belajar


Semalam, dunia maya dihebohkan oleh isu seputar Mentri Anies yang akan mengatur berdoa sebelum dan sesudah belajar di sekolah. Begitu hangatnya isu ini, sampai beberapa tokoh agama pun ikut turun. Selidik punya selidik. Ternyata sang mentri tidak melarang berdoa hanya saja akan melakukan konsultasi ISI DOA kepada Kementrian Agama. Setelah mencoba lagi mencari berita dari media lain untuk melakukan kros cek. Ternyata isi berita semuanya sama, termasuk press release yang dilansir oleh Kemdikbud sendiri.

Pertanyaan saya kepada pak mentri adalah semenjak kapan isi doa seorang hamba kepada Tuhannya harus dikonsultasikan ke kementrian agama. Bukan kah itu ranah pribadi? Karena sudah menyangkut hubungan antara manusia dan Tuhan, dimana hukum-hukum dan adat berdoa sudah ditetapkan oleh masing-masing agama. Kalaupun selama ini, doa dibaca berdasarkan agama Islam, menurut saya itu wajar. Islam memang mayoritas di Indonesia. Di luar Indonesia, kebanyakan sekolah-sekolah berdoa menurut agama Kristen karena memang mereka mayoritas. Lalu apa yang salah jika cara itu juga di terapkan di Indonesia?

Ayolah pak mentri jangan jadikan rezim pemerintahan kalian menjadi pemicu semakin terciptanya perselihan antar agama. Cukup sudah semua dagelan di televisi. Jangan kira kami tidak tahu. Kami hanya berpura-pura tidak tahu pak sambil berdoa semoga kalian semua diberi hidayah. Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s