Parenting dan Kurikulum Montessori


Salah seorang teman saya, yang kebetulan juga ibu muda, beberapa waktu lalu membagika sebuah artikel menarik di laman facebook. Artikel tersebut bercerita mengenai seorang ibu yang mendesain sendiri kurikulum belajar non formal untuk anaknya. Selesai membaca artikel ini, saya merasa takjub dengan fenomena ibu-ibu muda dewasa ini. Ibu-ibu dengan berlimpahnya informasi seakan berlomba-lomba untuk menyediakan metode parenting terbaik untuk anaknya. Terlepas dari bagus atau tidaknya metode yang digunakan, satu hal yang pasti adalah jangan mengharapkan hasil instan dan sempurna dari implementasi metode tersebut.

Berbica mengenai metode, saya jadi teringat dengan salah satu metode belajar yang banyak digunakan oleh sekolah-sekolah internasional di Jakarta. Misalnya, Montessori. Kurikulum montessori merupakan kurikulum yang dirancang oleh seorang Doctor of medicine kelahiran Itali, Maria Montessori. Pada prinsipnya kurikulum ini berasumsi bahwa setiap anak berbeda, dan dalam proses belajar anak diberikan kebebasan dalam memilih “bahan pelajaran”. Guru hanya bersifat sebagai observer dan tidak berhak menginterfensi anak ketika dalam proses belajar. Guru hanya bisa memberikan masukan ketika anak melakukan sesuatu yang salah atau ketika mengalami kendala. Tujuan metode ini adalah untuk memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya kepada anak untuk mengeksplorasi semua hal disekitarnya. Karena melalui eksplorasi anak belajar sesuatu hal yang baru dan berusaha mencari jawaban atas keingintahuannya.

Nah, untuk ibu-ibu muda yang tertarik untuk mengaplikasikan metode ini dirumah bisa loh. Sekarang banyak sekali ebook-ebook yang bisa didownload secara gratis (walaupun ilegal :)) membahas kurikulum montessori mulai dari hal-hal berbau teoritis hingga jenis-jenis permainan yang bisa dilakukan di rumah bersama anak. Selamat mencoba :).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s