Diet Kantong Plastik


Semalam saya berkunjung ke indomaret untuk berbelanja beberapa kebutuhan. Setelah mengambil beberapa barang yang saya butuhkan, saya pun segera menuju kasir untuk melakukan pembayaran. Sesampainya di kasir, saya melihat semacam poster dalam ukuran kecil yang berisi pemberitahuan bahwa penggunaan kantong plastik akan dikenakan biaya sebesar dua ratus rupiah. Kurang lebih seperti ini gambarnya.

img_20160221_114352

Saya pun iseng bertanya ke mba kasir, mengingat beberapa waktu belakangan kampanye #dietkantongplastik marak mewarnai media massa Indonesia. Berikut percakapan selintas saya dengan si mba kasir.

Saya: Mba, kantong plastiknya sudah harus dibayar ya?

Mba: Belum bu, karena belum diresmikan oleh Pak Jokowi.

Saya: Terus mulai kapan berlaku peraturan itu mba?

Mba: Ya nanti bu kalau sudah diresmikan oleh Pak Jokowi

Saya pun hening seketika. Berfikir bahwa ide yang sangat bagus, harus terkendala dengan hal kecil. Kekhawatiran terbesar adalah ketika ambient yang sudah terbentuk hilang begitu saja karena lambannya eksekusi di lapangan. Apalagi, banyak nada sumbang di masyarakat yang menyatakan bahwa mereka tidak keberatan harus membayar dua ratus rupiah untuk sebuah kantong plastik. Hal ini tentu dapat menjadi penghambat kampanye #dietkantongplastik. Semoga tanpa Pak Jokowi meresmikan pun, ide baik ini tetap dapat dieksekusi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s